Berita

Cegah Stunting dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan
Blog Single

Cegah Stunting dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan

Mataram, 8 Juni 2023

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.


Seringkali kondisi  dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, dikutip dari situs p2ptm,kemkes.go.id yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih”, namun disisi lain jika perawatan sejak hamil sampai anak berusia 2 tahun tidak dilaksanakan secara optimal maka inilah hal mendasar yang menyebabkan stunting karena pada periode ini, terjadi proses perkembangan otak, pertumbuhan badan, perkembangan sistem metabolisme tubuh dan sistem pembentukan kekebalan tubuh yang begitu cepat. Karena itu upaya pencegahan stunting dilakukan pada periode 1000 hari pertama kehidupan ini.

Mari bapak ibu cegahlah stunting dengan melaksanakan pemeriksaan kehamilan sesuai standar dan rawat anak anda sesuai standar sejak lahir sampai dengan usia 24 bulan, berikan ASI eksklusif, berikan MPASI sesuai Umur, ke Posyandu setiap bulan, berikan Imunisasi sesuai Umur dan dapatkan Vitamin A Gratis di Posyandu dan dapatkan imuniasi Boster


.........Lombok Tengah Beriman,Sejahtera, Bermutu, Maju dan Berbudaya...........

Related Posts: