Berita

Kabupaten Lombok Tengah Raih Penghargaan UHC Award 2024
Blog Single

Kabupaten Lombok Tengah Raih Penghargaan UHC Award 2024

Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Dr. H. Suardi, SKM., MPH.  menerima penghargaan Universal Health Coverage Award (UHC Award) 2024.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta pada Kamis (8/8/2024), yang dihadiri oleh ratusan kepala daerah dan Kepala Dinas Kesehatan penerima penghargaan termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah.


Kabupaten Lombok Tengah menjadi salah satu penerima penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota se-Indonesia.  UHC Award sendiri merupakan bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Penyerahan Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Preside RI Ma'ruf Amin.

Dari 460 kabupaten yang menerima penghargaan, Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu penerima UHC AWARDS  dengan predikat MADYA. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Lalu Pathul Bahri yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Dr. Suardi, Kepala Dinas Sosial H. Masnun dan Direktur Rumah Sakit dr. Mamang Bagiansah, Sp.PD. Bupati Pathul Bahri menyampaikan  prestasi ini diperoleh berkat keseriusan pemerintah kabupaten Lombok Tengah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Masyarakat yg sakit cukup dengan menunjukkan KTP atau NIK di fasilitas pelayanan kesehatan akan mendapatkan pelayanan gratis. Beliau juga melaporkan bahwa sampai hari ini kepesertaan JKN di kabupaten Lombok Tengah sudah mencapai angka 99,65% dari jumlah penduduk. Kendati demikian sekalipun kita telah berhasil meraih UHC AWARDS tentu masih banyak kekurangan dalam pelayanan, karena itu kami mohon maaf dan terus berupaya untuk memperbaiki. Sebagai bentuk keseriusan setiap tahun kami terus memperbaiki sistem pelayanan, memperbaiki sarana dan prasarana kesehatan baik Rumah sakit, Puskesmas bahkan sampai Pustu dan Polindes di tingkat pelayanan kesehatan dasar sudah kami perbaiki untuk mempermudah akses. 


Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Dr. Suardi juga membenarkan bahwa setiap tahun terus dilakukan rehabilitasi dan penambahan ruangan sesuai kebutuhan seperti tahun ini  di RS Praya, kemudian rehab berat Puskesmas Pringgerata dan Puskesmas Teruwai dan beberapa Pustu-Polindes. Disamping perbaikan sistem pelayanan berbasis siklus kehidupan yaitu Integrasil Layanan Primer (ILP).





Related Posts: