Berita

Tadabbur Alam Dinkes Lombok Tengah
Blog Single

Tadabbur Alam Dinkes Lombok Tengah

Praya, 08 Juni 2023


Tadabbur alam berasal dari dua kata, yakni tadabbur dan alam. Kata tadabbur secara istilah berasal dari Bahasa Arab. Tadabbur memiliki arti memikirkan, merenungkan, atau memperhatikan sesuatu di balik sebuah perkara atau fenomena yang terjadi. Tadabbur merupakan sebuah perenungan, berpikir secara mendalam untuk bisa mengambil makna serta hikmah dari sebuah peristiwa atau fenomena tertentu. Dengan tadabbur, seseorang akan bisa lebih mengenal sesuatu dan tidak mudah berprasangka buruk dan lebih pandai bersyukur.

Sementara itu, kata alam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang bukan buatan manusia yang berada di langit dan bumi. Menurut pandangan Islam, alam juga difungsikan untuk menggerakkan emosi dan perasaan manusia terhadap kebesaran Allah Swt dan kesadaran tentang betapa kecilnya manusia di hadapan-Nya.

Terkait ini, kami dari Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Tengah memiliki Tim THOR (Tastura Healt Office Rider) sudah melaksanakan Tadabbur Alam. Yang pertama, tanggal 17 sd 18 Mei 2023 melaksnakan Touring dengan camping di Sembalun Pos 1, terasa dingin menggigit dimalam hari dan pagi hari, tidur di tengah alam tapi sholat Berjamaah tidak terlupakan, berjalan kaki naik ke Sapana Sembalun untuk foto foto dan menatap hamparan yang begitu luas dan kita terasa sangat keciiil di hadapan Alam.

Yang kedua, tiem THOR melaksanakan Tadaabbur alam (Touring) dengan star dari Lombok Tengah bergerak Sekotong dan terus menuju pantai elak-elak dan Ngecamp disana pada tanggal 3-4 Juni 2023. Menjelang Magrib tiba kami menatap tenggelamnya matahari di upuk barat dengan cahaya keemasan memancar indah menerangi hamparan laut, malamnya kami membuat api unggun sambil minum kopi dan bercerita riang, yang pasti sholat berjamaah tetap dilaksnaalan, dipagi hari Menatap hamparan pantai yang indah dan bersih, mendengar gemericik air dipantai, mendengar deburan ombak dan merasakan nikmatnya hembusan pantainya Allah, tidak lupa kami mandi dan berenang, ngopi sambil menikmati semburat cahaya matahari pagi.

Selanjutnya tim bergerak dari pantai elak-elak melewati Mekaki menikmati indahnya goyangan jalan by pas gunung mekaki menuju Buwun Mas dan kembali kelombok Tengah


Author


Related Posts: