Berita

SOSIALISASI APLIKASI SATU DATA KESEHATAN (ASDK) TINGKAT PROVINSI NTB
Blog Single

SOSIALISASI APLIKASI SATU DATA KESEHATAN (ASDK) TINGKAT PROVINSI NTB


Mataram, 13 Juni 2023

Saat ini data sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dari adanya data tersebut, orang-orang bisa mengetahui berbagai macam informasi berdasarkan data tersebut. Data dapat berupa kata, kalimat, simbol-simbol, gambar dan angka. Data harus dikumpulkan, dianalisa dan dirumuskan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Berlokasi di Aula Bhakti Husada Dinkes Provinsi NTB, yang dihadiri oleh 4 orang Pengelola Data Dinkes Kab/kota yaitu Dinkes Kab Lombok Tengah, Bima, Dompu dan Sumbawa berserta beberapa pengelola Program Lingkup Dinkes Prov NTB yang di Motori oleh Bidang SDK-Datin Provinsi NTB telah dilaksanakan Sosialisasi Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK) dengan Nara sumber dari Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI.

Materi yang disampaikan sangat menarik, mulai dari pengelolaan Sumber Data, cut off data, Menggabungkan beberapa data, pengelolaan Tabel dan grafik termasuk Map, semua tata kelola tersebut menghasilkan sebuah Dashboard Data Kesehatan yang menghasilkan sebuah Informasi yang bermanfaat. 

Sumber data yang di olah pada Aplikasi ASDK adalah semua Aplikasi yang terdapat di Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Untuk itu Data di ASDK dapat diolah dengan baik jika semua Aplikasi yang ada di tingkat Puskesmas dan Dinas Kesehatan dilaksanakan dengan baik juga.

Pengelolaan ASDK di lingkup Dinas Kesehatan baik pada Lingkup Dinkes Prov NTB dan semua Kabupaten/kota diharapkan dapat dipertahankan dan dijalankan dengan baik, diawasi dan dievaluasi secara berkala dan berjenjang.


Wassalam

Author

Related Posts: