Berita

PERAYAAN IDUL ADHA 1444 H DI DIKES KAB.LOMBOK TENGAH
Blog Single

PERAYAAN IDUL ADHA 1444 H DI DIKES KAB.LOMBOK TENGAH

Praya, 1 Juli 2023 - 12 Julhijjah 1444 H


Pada hari ini, hari sabtu bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke 77. Perayaan Idul Adha  dilaksanakan dihalaman tengah kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah. Hadir pada kesempatan ini adalah Bpk TGH Zaenudin Abdurrahman, Bapak Bupati, Semua Kepala Puskesmas bersama staf dan adik-adik yatim piatu dan Grouf Hadrah Praya. Dengan Tema "TELADAN AGUNG DARI PENGORBANAN NABI IBRAHIM AS DAN NABI ISMAIL AS, MERAIH RIDHO ALLaH DENGAN HARTA TERBAIK".


Bapak Dr H. Suardi,SKM,M.Kes dalam pidato pembukaannya mengatakan, tahun lalu jumlah sapi yang di Kurbankan sebanyak 6 ekor, tahun ini alhamdulillah 7 ekor, tahun depan direncanakan 9 ekor sapi. Beliau juga menyampaikan bahwa hajatan ini selalu dilakukan setiap tahun, hajatan ini adalah moment yang baik utk kita bisa berkumpulnya semua keluarga besar Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, bisa berkumpul dengan Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati,  Bapak Sekda dan Bapak Tuan Guru dan sisi lain kita bisa berkumpul dengan anak-anak yatim untuk dapat kita berikan santunan.

Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik karena kerjasama semua tim di Dinas Kesehatan, walaupun hujan gerimis menggguyur tidak menyurutkan langkah untuk mempersiapkan semuanya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Bapak Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Bapak Pathul Bahri, SIP dalam sambutannya menyatakan bahwa makna dari Hari Raya Kurban adalah keikhlasan, Kesabaran dan Komunikasi, komunikasi yang baik antara seorang Ayah dan Anak yaitu antara Nabi Ibrahim dan Nabi Islamail, komunikasi disaat Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih Nabi Ismail.

Tauladan yang dapat kita ambil dari peristiwa ini adalah ikhlas,sabar dan selalu berkomunikasi. Beliau menegaskan Jangan Karena menjadi Pejabat kemudian menjadi  semena-mena dengan bawahannya. Tetaplah membina Komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan, tetap sabar dan berusaha untuk mencapai harapan seperti Nabi Ibrahim yang tetap berdoa dan berusaha untuk mendapatkan seorang Putra, saat itu Nabi Ibrahim berusia 80 tahun.,

Selanjutnya Tausiah yang disampaikan Oleh TGH Zaenudin Abdurrahman, beliau menjelaskan bahwa di bulan Julhijjah terdapat beberapa rangkaian yaitu Nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah dari Allah untuk membangun Ka'bah, bermimpi untuk menyembelih anaknya, dibulan ini Nabi adam di manasik haji pertama kali oleh Malaikat Jibril.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa makna hari Raya Kurban adalah Memilih, kita dituntut cerdas untuk memilih diantara 2 pilihan yaitu memilih keinginan Allah atau memilih keinginan sendiri. Pada Hari Raya Korbam ini, berkurbanlah dengan Ikhlas  karena pahalanya diganjar oleh Allah seperti berhaji.





wassaalm
author

Related Posts: