GIAT OUTBOND TRC DINKES LOMBOK TENGAH

By MOH ALI 28 Nov 2019, 10:55:18 WIB BERITA DIKES LOMBOK TENGAH
GIAT OUTBOND TRC DINKES LOMBOK TENGAH

Praya, 28 /11/ 2019

Penanganan bencana merupakan penanganan yang multidisiplin, berbagai bidang keilmuan dan sector terkait didalamnya. Begitu juga dengan sektor kesehatan yang merupakan inti dalam upaya penyelamatan korban serta pemberian layanan kesehatan pada masa bencana. Namun sangat disadari pentingnya upaya koordinasi dengan tujuan penyelamatan korban sejak tahap pencarian, pertolongan hingga upaya penyelamatan baik dari tempat kejadian, pos kesehatan hingga fasilitas kesehatan.

Kekacauan didalam kebencanaan pasti terjadi tetapi dapat di minimalkan tingkat kekacauannya apabila masing-masing pelaksana mampu saling berkoordinasi, membagi peran dengan baik dan dikoordinasikan dengan satu komando.

 

Manajemen atau penanganan bencana, hakekatnya bukan hanya sekedar memberikan pertolongan dan bantuan kepada para korban tetapi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana/pra bencana, pada saat bencana sampai upaya pemulihan dan restrukturisasi akibat bencana. Manakala disuatu wilayah tidak terjadi bencana artinya wilayah tersebut berada dalam tahap  pra bencana yang harus di isi dengan kegiatan-kegiatan antara lain Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan. Pencegahan dilakukan untuk mencegah  atau menghalang-halangi agar bencana tidak terjadi, jika tidak bisa dihalangi selanjutnya dilakukan Mitigasi yaitu meminimalisir dampak atau akibat bencana dan harus di ikuti dengan kesiapsiagaan untuk memastikan bahwa kita tidak dalam kondisi lengah dalam menghadapi bencana yang sewaktu waktu datang. Untuk Memahami ManaJemen Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, melalui Bidang P2KL telah melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas (outbond) TRC Kesehatan di daerah Rawan Bencana Kabupaten Lombok Tengah dari tanggal 23 – 24 November 2019.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment