OJT USG BAGI DOKTER PUSKESMAS SALAH SATU UPAYA UNTUK MENCEGAH KEMATIAN BAYI DAN IBU DI LOMBOK TENGAH

Praya, 27 Januari 2022

Apa itu USG

Salah satu upaya yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya kematian bayi  dan ibu adalah melakukan pemeriksaan kandungan dengan teknik USG (ultrasonogrfi). USG merupakan teknik menampilkan gambar atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh. Alat medis ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk mengambil gambar tubuh bagian dalam. Misalnya, organ tubuh atau jaringan lunak.

Tujuan dilaksanakan USG

USG ini digunakan agar tim medis mendapatkan ketepatan dalam mendiagnosis penyakit. Dengan kata lain, USG merupakan pemeriksaan penunjang untuk membantu dokter mengidentifikasi penyebab penyakit pada seseorang. Pemeriksaan dengan USG tidak hanya terkait dengan kehamilan tapi kondisi kesehatan lainnya, dapat digunakan sebagai alat diagnosis penyakit dan alat bantu saat proses pembedahan atau tindakan tertentu

Terkait dengan Tujuan Pemeriksaan USG diatas, baru-baru ini Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah yang dimotori oleh Seksi KESGA – Bidang KESMAS, telah melaksanakan OJT (on the job training) bagi dokter umum puskesmas yang berlokasi di Puskesmas Praya, Puskesmas Mantang, Puskesmas Kopang dan RSUD Praya. Giat ini dimentori oleh dr Puspa Ambara Sp.OG dan dr I Gusti Nyoman Sutama Sp.OG. Giat ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 18 , 26 dan 27 Januari 2022.

Harapan kita

Semoga dengan giat pelatihan ini semua dokter umum yang terdapat di Puskesmas memiliki pengetahuan dan skill yang baik sehingga salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mencegah dan menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten dapat terwujud.

arip – Tiem Author

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan