Baner-pelatihan-sistem-informasi-puskesmas-2016

SEKILAS TENTANG SISTEM INFORMASI PUSKESMAS (SIP)

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan primer yang  menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat  dan upaya  kesehatan perseorangan tingkat pertama, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Untuk mengoptimalkan fungsi Puskesmas tersebut diperlukan manajemen Puskesmas yang didukung sistem pencatatan dan pelaporan yang berkualitas. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan dukungan sistem informasi Puskesmas yang baik, mulai dari pengumpulan data hasil pelaksanaan kegiatan, sampai pada pengolahan dan pemanfaatannya. Hal ini dipertegas dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, bahwa Sistem Informasi Puskesmas diperlukan untuk membantu proses pengambilan keputusan dalammelaksanakan manajemen Puskesmas untuk mencapai sasaran kegiatan.

Apa itu SIP?

SIP adalah Serangkaian kegiatan yang minimal meliputi pencatatan dan pelaporan kegiatan Puskesmas dan Jaringannya, survei lapangan, laporan lintas sektor terkait, laporan jejaring faskes di wilayah kerjanya,dan analisis serta pemanfaatan data yang dapat dilakukan secara elektronik dan non elektronik
Pada Permenkes No. 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas dijelaskan bahwa SIP atau Sistem Informasi Puskesmas adalah suatu tatanan yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam melaksanakan manajemen Puskesmas dalam mencapai sasaran kegiatannya. Setiap Puskesmas wajib menyelenggarakan SIP. Dengan adanya SIP ini maka istilah SP2TP dihilangkan, yang ada hanyalah SIP dengan pencatatan dan pelaporan yang ada di dalamnya Saat ini. SIP sudah diujicobakan di beberapa daerah dan dengan payung hukum SIP melalui Peraturan Menteri Kesehatan sedang dalam proses review oleh Pejabat terkait di Kementerian Kesehatan.

Untuk mendapatkan format SIP silahkan klik :

DOWNLOAD

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.